Alasan Orang Memilih Pekerjaan Guru



Hai guys... apa kabar kalian semua? Baik-baik aja kan? Oiya guys... jadi kemarin aku baru aja terpikir mau buat konten yang berbaur episode gitu... di blog ini, kalian ada ide gak judulnya apa? komen yaa! jadi stay tune aja yaa yang mau kepoin pokoknya seru lah... yang pastinya subscribe dulu nihhh... biar gak to date 😋 Oke guys...?!

Jadi...hari ini, aku mau bahas tentang ini nih seperti yang kalian lihat di judul yak... aku baru aja kepikiran kalo aku itu kan kuliahnya di Tarbiyah kenapa gak sekalian aja aku bahas tentang guru iya kan yak... yaa biar hitung-hitungan juga deh seberapa excited nya aku di fakultas ini dan sekalian biar ada konten juga yak....🤭, kalian tau gak guys?!  Kenapa orang excited kali mau jadi guru? Kenapa sih orang mau masuk fakultas Tarbiyah? Dll. Padahal kan... jadi guru itu... kalo kata orang jaman nih yaa.. “Guru itu penghasilannya sedikit, guru itu pekerjaan yang biasa-biasa aja, guru itu udah bukan anti-mainstream lagi dan mitos-mitos lainnya”. Sebenarnya sih, aku tuh gak mau salahkan kutipan orang ya guys... tapi yaa namanya zaman udah berubah dan semuanya udah berubah tidak seperti dulu... yang kalo jadi guru gajinya masih sepotong-potong, apalagi ada juga yang sering gak di bayar, meskipun begitu, guru itu ada keutamaan dan keistimewaan tersendiri guys.

Jadi gini guys, yang mau aku katakan sama kalian kalo guru itu bukan hanya soal dunia aja atau akhirat aja! Tapi dunia untuk akhirat, ngertikan? Kalo gak ngerti, coba baca deh beberapa penjelasan menurut aku berikut ini.

Ada beberapa alasan orang ingin menjadi guru alias pekerjaannya guru yang patut digaris bawahi, nih guys...!

1.       Amal Jariyah

إذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلاثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ،أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ 

Artinya:
Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah Saw. bersabda: “Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang berdoa baginya.”(HR. Muslim)

Sebagaimana yang kita ketahui guys... bahwa Rasulullah bersabda, ada tiga amalan yang tidak terputus hingga setelah meninggal yaitu shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak sholeh yang mendoakan kedua orang tuanya. Jadi, kalo guru termasuk dalam poin yang nomor dua nih guys... karena yang dimaksud dengan ilmu yang bermanfaat itu seperti seseorang yang mengajarkan sesuatu kepada orang lain atau murid apapun itu yang berbaur positif dan bermanfaat, contoh yang paling terkenal adalah guru yang mengajar pelajaran kepada muridnya di kelas, sebenarnya nih yaa guys..., yang dinamakan guru itu bisa bermacam-macam, tidak harus seperti contoh yang ini, asalkan kalian basisnya mengajar dan berniat agar orang lain itu memiliki ilmu seperti yang kalian punya maka kalian udah bisa disebut guru, guys...! Apakah itu ngajar teman buat tugas, kreativitas dan masih banyak lagi deh... asalkan itu bermanfaat... Ingat yaa! Yang diajarkan itu harus berbasis POSITIF dan BERMANFAAT.

Oiyaa buat kalian yang belum tau nih yaa... guru itu ada dua jenis, guru formal dan non formal, seperti yang aku jelaskan tadi bahwa jenis guru yang paling terkenal di atas adalah guru formal dan jenis guru yang jarang dikenal sebagai guru adalah guru non formal, ini sebagai catatan aja yaa guys...!

2.    Ditinggikan Derajatnya

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ 

Artinya:
“...niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat...” (Referensi: https://tafsirweb.com/10765-surat-al-mujadilah-ayat-11.html)

Sebagaimana Allah berfirman dalam Al-Qur’an tepatnya pada surah Al-Mujadilah ayat 11 nih guys..., bahwa Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang di beri ilmu. Nah, guru termasuk pada orang-orang yang diberi ilmu guys... karna yang dimaksud dengan orang-orang yang di beri ilmu itu adalah orang-orang yang berilmu, yakni ingin menuntut ilmu agama dan dunia dan mengajarkannya kepada orang lain.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah juga bersabda bahwa “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya”. Nah, yang dimaksudkan hadits ini yaa guys yaa... adalah jika kita mempelajari suatu ilmu maka kita dianjurkan untuk mengajarkan orang lain juga, terutama anak-anak sebagai penerus generasi seterusnya. Jadi guys, sebenarnya masih banyak dalil nya yaaa tapi aku bahasnya yang dua ini aja. Nah, gimana kalian? udah ngertikan sekarang? Kalau ada pertanyaan atau kritikan komen aja dibawah yaa guys...

3.       Menjadi Seorang Tauladan
Kalo jadi guru itu yaa guys, kita harus memiliki jiwa yang patut dicontohi oleh murid atau orang lain. Maksudnya, setelah seorang guru belajar dan mengajar, guru harus memberikan praktik contoh yang terbaik kepada peserta didiknya, baik itu dari sifatnya, ilmunya, semuanya deh pokoknya... sehingga guru tersebut dapat mengembangkan diri peserta didik itu menjadi lebih baik sampai anak-anak cucunya nanti.

Buat kalian yang masih bingung...🤔, makna simplenya guru itu.... jika ada seseorang yang tiba-tiba berniat mengikuti seluruh sifat/ilmu/kretivitas/pendirian dan masih banyak lagi... pokoknya berbasis positif yang kalian miliki maka kalian sudah bisa disebut guru lho...! Simple kan?! Hehe... tapi sepertinya diantara kalian gak ada yang memikirkan karakter guru sampai segininya.... pasti kalian lebih tau tentang guru dari pada aku yaa kan? *Humble*

4.    Bukan Pekerjaan yang Berat
Yaaa... mau gimana pun pekerjaan guru ini masih di anggap standar lho... tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan juga, sebabnya pekerjaan ini masih standar lahh dibandingkan pekerjaan lain seperti dokter, polisi, buruh, insinyur dan sebagainya, apalagi guru ini pekerjaan mulia yang di muliakan oleh Rasulullah SAW. dan para sahabatnya karena selain berbakti pada negara seperti di zaman sekarang ini, guru juga berbakti pada akhirat hanya dengan ilmu yang ia ajarkan.

5.     Memiliki Banyak Murid
Di zaman yang modern ini, banyak orang tua yang sangat mengutamakan pendidikan anak-anaknya tanpa menghiraukan biaya yang akan ia keluarkan, namun jangan heran dengan sebagian orang tua yang kurang memahami hal tersebut. Seperti yang baru-baru ini terjadi bahwa banyak orang tua yang tidak menerima keberadaan pendaftaran online (PPDB) yang disediakan oleh pihak sekolah, salah satunya sebagai fasilitas untuk memudahkan masyarakat yang jauh dari daerah sekolah maka secara tak terduga, terjadilah kesalahan-kesalahan akses yang fatal atau tidak senada dengan apa yang di harapkan para orang tua sehingga dapat menimbulkan rasa gelisah atau kekhawatiran di hatinya. Oleh karena itu, para orang tua pun mengunjungi sekolah tersebut untuk menuntut hal tersebut sehingga berbanyak lah para orang tua yang trauma dengan sistem PPDB tersebut.

Terlepas dari hal tersebut, saat ini banyak peserta didik berbondong-bondong masuk ke dunia pendidikan, maka dari itu akan memberikan dukungan terhadap guru untuk terus beramal dan mengajarkan yang terbaik kepada mereka sehingga dapat mewujudkan generasi peserta-peserta didik yang berpendidikan dan mampu dalam membangun masyarakat serta dapat berbakti pada negara dan juga dapat terwujudnya amal jariyah para guru yang kian mengalir.

Sekian dari aku guys... mungkin dari kalian ada yang tau lebih banyak umum khususnya orang memilih pekerjaan guru, komen di bawah yaaa guys... Like dan SUBSCRIBEnyaa juga guyss!!! Follow juga akun sosial media aku yang ada di icon berbentuk garis tiga di sebelah kiri. Terima kasih dan semoga bermanfaat yaa guysss....!

Sampai Jumpa di Pembahasan berikutnya!!!

Comments

Favorite Post

Kenalkan AKU dulu!!!